CZ Goes To Jogja

Previous Next

Dalam Rangka trip di Jogja, Keluarga Besar Cengkeh Zanzibar mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Jogjakarta. Berawal dari Candi Ratu Boko merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota SurakartaJawa TengahIndonesia. Situs Ratu Boko terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha. Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs permukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini. 

Kemudian setelah selesai dari Candi Ratu Boko, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwarga nama asli kompleks candi ini adalah Siwarga (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menunjukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah  kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Lalu setelah itu kami semua makan siang di Bale Bengong. Disana sudah disediakan makanan dan minuman yang dihidangkan untuk disantap bersama-sama. Setelah itu barulah kami semua melanjutkan perjalan ke museum 3D De Mata. Disana kami berfoto ria dan melepaskan beban berat untuk refreshing sejenak dari padatnya aktifitas dikantor. Acara diikuti oleh Keluarga Besar Cengkeh Zanzibar yaitu para Direksi, para Staff dan juga Karyawan Kebun Maranginan, Kebun Njomblang, Kebun Ngebrug, Kebun Curug dan Kebun Kalisidi.

 

.Jogja


©2019 PT Cengkeh Zanzibar, Semarang.